Brussel Sprout


 

Brussel sprout

karakteristik :berbentuk mini, berdiameter 2.5 sampai 4 cm,merupakan sayuran ekslusif ,warna hijau

Manfaat Brussel sprout

 

1. Berperan dalam pembentukan sel darah merah

Sayur yang tergolong kubis-kubisan ini telah diteliti mengandung zat besi. Brussel sprouts akan menjadi sesuai jika dikonsumsi bagi Anda yang mengalami anemia. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa penyebab anemia adalah terjadinya defisiensi besi. Padahal zat besi merupakan salah satu komponen pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

2. Berperan dalam sistem metabolisme tubuh

Brussel sprouts mengandung vitamin dalam jumlah yang tak sedikit, seperti niacin, pyridoxine, thiamin, asam pantotenat, dan lainnya. Tahukah Anda? Vitamin-vitamin tersebut menjadi penting karena memiliki peran dalam sistem metabolisme tubuh Anda. Konsumsilah sayur ini setiap hari dalam batas wajar ya.

3. Menangkal aktivasi radikal bebas

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu menangkal radikal bebas. Di dalam brussel prouts terkandung senyawa antioksidan seperti vitamin C sebanyak 85 mg setiap 100 gramnya. Sehingga kandungan tersebut dapat mencukup hingga 142% kebutuhan tubuh per harinya.

4. Mencegah kanker prostat

Kanker yang kini seakan telah menjadi penyakit biasa, menjadikan masyarakat lebih memilih untuk mencegah dibanding mengobati. Benar saja bahwa terdapat beberapa senyawa dalam brussel sprouts telah ditemukan mampu mencegah meningkatnya resiko kanker prostat. Seperti tosianat, indoles, lutein, zea-zanthin, sulforaphane, dan isothiocyanate.

5. Mencegah kerusakan retina

Kandungan zea-xanthin dalam brussel sprouts juga telah diteliti memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan mata. Mekanisme utamanya adalah dengan melindungi retina terhadap sinar UV yang berlebih. Sehingga akan mencegah terjadinya pula degenerasi makula pada lansia.

6. Mengontrol berat badan menjadi ideal

Brussel sprouts memiliki kalori yang tergolong rendah, sekitar 45 kalori. Selain itu juga mengandung 3,38 gram protein dan 3,8 gram serat. Keberadaannya menjadikan sayur sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Sudah tidak jaman yang namanya diet ketat. Istilah sekarang adalah diet tepat. Jangan sampai diet Anda menjadikan terbatasi memakanan makanan enak dan juga lezat.

7. Mengontrol tekanan darah

Kalium yang terkandung dalam bruseel sprouts tak terlepas dari fungsinya dalam sistem kardiovaskular. Salah satunya adalah dengan mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga akan menjadi baik jika sayur ini dikonsumsi bagi para penderita hipertensi. Tak tanggung-tanggung, sayur ini telah diteliti mengandung sekitar 389 mg kalium.

8. Menjaga kesehatan paru-paru

Sistem pernapasan menjadi sangat penting agar selalu dijaga. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam sayur ini mampu menjadi sumber anti oksidan. Antioksidan inilah yang akan melindungi paru-paru Anda dari serangan suatu kondisi yang tak diharapkan. Selain itu juga mampu mencegah kanker di rongga mulut.

9. Menjaga kesehatan tulang

Brussel sprouts merupakan sumber vitamin K yang cukup tinggi. Sekitar 177 mg vitamin K terkandung dalam sayur ini. Sehingga mampu mencukupi 147% dari kebutuhan seharusnya. Keberadaanya berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Jadi tak akan ada cerita tentang osteoporosis yang menyerang Anda di masa tua nanti.

10. Menjaga kesehatan usus besar

Selain kandungan yang telah dijelaskan sebelumnya, brussel sprouts juga mengandung glukosida dan sinigrin. Keduanya telah diteliti mampu melindungi diri dari kanker usus besar. Mekanisme utamanya adalah dengan menghancurkan sel-sel pra-kanker.

Cara mengolah Brussel Sprout

Biasa dikonsumsi dengan cara ditumis, dikukus atau dimakan bersamaan dengan sayuran dan buah lain sebagai salad.


Komentar untuk Produk Ini :


Produk Terkait