Baby Kailan


 

Baby Kailan

kriteria :sayuran yang berdaun tebal, datar, mengkilap, berwarna hijau, dengan batang tebal dan sejumlah kecil kepala bunga berukuran kecil hampir vestigial mirip dengan bunga pada brokoli

Tips untuk mengolah Baby Kailan:

Pengolahan baby kailan sebaiknya tidak terlalu lama, karena akan membuat vitamin dalam sayur hilang. Sebaiknya baby kailan direbus sebentar atau ditumis lalu segera disajikan. Akan lebih baik jika konsumsi baby kailan secara segar sebagai campuran jus dalam buah atau sebagai lalap, karena kandungan yang ada dalam sayur ini tidak hilang. Pemilihan kailan yang baik adalah yang berdaun hijau, batang mudah patah dan daun terlihat segar mengkilat. Baby kailan dapat disimpan dalam lemari es, tanpa dicuci terlebih dahulu agar tidak busuk. Lama penyimpanan dalam lemari es maksimal dua hari, agar saat dikonsumsi sayur masih segar dan tidak layu

Manfaat Baby Kailan:

1. Dapat menurunkan resiko kanker

Menurut berbagai penelitian, sayur kailan merupakan sumber fitonutrien yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan sulfur serta manfaat vitamin K yang terdapat dalam sayuran hijau ini dapat memberikan dampak positif pada penurunan resiko kanker, seperti kanker payudara. Sistem kerjanya yaitu dengan mengendalikan hormon estrogen dalam tubuh.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa senyawa antioksidan dan anti inflamasi dalam manfaat sayur kailan dapat membantu dalam melawan kanker yaitu dengan memicu enzim dalam tubuh. Untuk itu para ahli kesehatan telah banyak yang merekomendasikan bahwa kailan merupakan salah satu jenis sayuran anti-kanker.

2. Dapat membantu menurunkan kolesterol

Manfaat dari sayuran kailan tidak hanya sebatas anti-kanker saja, namun masih terdapat manfaat lainnya seperti dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang nantinya dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Hal ini dikarenakan karena manfaat serat yang cukup tinggi dalam sayur ini. Serat tersebut nantinya akan membantu untuk membersihkan organ usus besar serta menurunkan kolesterol.

3. Sangat baik bagi wanita hamil

Sayur Kailan sangat kaya akan beberapa nutrisi alami seperti manfaat kalsium dan manfaat zat besi. Hal ini berarti bahwa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh para wanita selama masa kehamilan dan menyusui, yaitu untuk membantu pertumbuhan janin dalam rahin serta untuk meningkatkan produksi ASI. Kandungan asam folate dalam sayuran ini juga sangat baik untuk perkembangan sistem saraf pada bayi.

4. Dapat membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari sayur kailan adalah dapat membantu dalam menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Sayuran yang memiliki daun hijau ini memiliki kandungan manfaat antioksidan alami seperti vitamin C dan vitamin E. Kandungan ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit serta mendorong produksi kolagen guna mencegah timbulnya keriput.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan

Dengan manfaat sayuran kailan, berarti kita telah membakar sejumlah kalori dalam tubuh. Kandungan serat alami yang terdapat pada sayuran ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat. Serat nantinya dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama serta dapat membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Pada akhirnya dapat membantu mempromosikan penurunan berat badan.

6. Dapat membantu menjaga kesehatan otak

Manfaat sayur kailan juga merupakan sejenis sayuran yang menjadi sumber yang baik bagi asam lemak omega-3. Dimana kita telah tahu bahwa asam lemak omega-3 sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan otak. Selain itu, kandungan vitamin K yang terdapat dalam sayuran ini dapat membatu menurunkan resiko gangguan otak, sepert penyakit Alzheimer.

7. Membantu menurunkan resiko diabetes

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam sayur kailan juga sangat penting dalam membantu menurunkan terjadinya resiko penyakit akibat kadar gula yang tidak normal dalam darah, seperti diabetes type 2. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

8. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi

 

Nutrisi lain yang terkandung dalam sayur kailan adalah kalsium. Meskipun tidak sebanding secara keseluruhan, akan tetapi kandungan kalsium dari sayur ini lebih tinggi daripada kalsium yang terdapat dalam manfaat susu. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk membantu mempromosikan kesehatan tulang serta gigi, serta dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi sayuran kailan bagi mereka yang alergi terhadap susu.

9. Membantu mencegah sembelit

Kailan adalah salah satu jenis sayuran dengan kadar kalori yang cukup rendah. Memiliki kandungan serat yang tinggi, serta kandungan lemak yang nyaris tidak ada. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk dikonsumsi setiap orang, karena akan dapat membantu melancarkan proses pencernaan, serta dapat membantu melancarkan buang air besar.

10. Dapat mencegah anemia

Manfaat sayur kailan juga sarat akan kandungan zat besi, dimana kandungan zat besi dalam sayur ini lebih tinggi daripada manfaat daging. Kita tahu bahwa zat besi merupakan senyawa yang sangat penting dalam kesehatan, misalnya untuk membantu pembentukan hemoglobin dan enzim yang nantinya dapat menurunkan resiko gangguan anemia, mengirim oksigen ke berbagai bagian tubuh, meregenerasi sel-sel, membantu fungsi hati, serta masih banyak fungsi lainnya.


Komentar untuk Produk Ini :


Produk Terkait