Baby Beet


 

Baby Beet

kriteria : warna merah bercampur hijau, sayur bit memiliki tekstur perpaduan bayam, sawi, dan sawi putih. Rasa tidak pahit, cenderung berair renyah, bisa direbus atau dimasak sebagai masakan sayuran. Penulis pernah mencoba membuat oseng daun bit, dan rasanya tidak kalah dari oseng sayur lainnya.

manfaat Buah Bit  Untuk Kesehatan

  1. Menciptakan Jantung Sehat

Penyakit jantung saat ini dijadikan sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Oleh sebab itu cara efektif untuk menghindari penyakit jantung adalah dengan menciptakan dan menjaga jantung yang sehat. Kandungan kalium yang terdapat di dalam buah bit dipercaya mampu menurunkan hipertensi, hipertensi ini merupakan salah satu yang dijadikan sebagai penghambat aliran darah yang menuju ke jantung. Mengkonsumsi buah bit juga dapat dipercaya bisa mengurangi homosistein. Homosistein merupakan zat berbahaya bagi kesehatan jantung, karena dengan adanya homosistein pembuluh darah perifer menjadi rusak dengan begitu kemungkinan penderita terkena stroke semakin besar.

  1. Stamina Tubuh Terjaga

Mengkonsumsi buah bit dengan cara menjadikannya jus dan diminum rutin setiap pagi dipercaya dapat membuat stamina tubuh terjaga. Dengan jus buah bit, tubuh akan terhindar dari kelelahan, keletihan dan lesu. Jus buah bit memiliki kandungan nitrat yang bisa berguna untuk mengurangi dari pengeluaran oksigen saat Anda beraktivitas.

  1. Terhindar Dari Anemia

Penyakit kekurangan darah atau anemia memang dapat menjangkiti siapa saja. Untuk penderita yang mengalami anemia bisa mengkonsumsi buah bit ini. Hal ini disebabkan karena buah bit kaya akan zat besi. Zat besi bisa memperbaiki hemoglobin atau sel darah merah dan bisa digunakan untuk menyuplai oksigen yang bisa bermanfaat bagi hemoglobin di dalam tubuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi junk food bisa menyebabkan pencernaan menjadi terganggu.  Gangguan itu seperti diare, mual dan disentri. Masalah pencernaan itu bisa diatasi dengan meminum secara rutin jus buah bit ini karena buah bit mengandung banyak serat yang bermanfaat dalam melarutkan makanan  di dalam usus dan racun di dalam usus.

  1. Menciptakan Ginjal Sehat Dan Kantung Empedu Yang Sehat

Dengan meminum jus buah bit atau mengkonsumsinya secara langsung sangat berkhasiat untuk kesehatan ginjal dan kantung empedu. Hal ini dikarenakan jus buah bit mampu digunakan sebaga pembersih ginjal dan kantung empedu dari racun-racun yang tertimbun dan mengendap dalam kedua organ tersebut. Setelah racun-racun dikeluarkan tentu ginjal dan kantung empedu akan bersih dan menjadi sehat.

Manfaat Baby Bit Untuk Ibu Hamil

Buah bit tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun juga bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi. Manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah berikut ini :

  1. Menjaga imunitas di dalam tubuh

Ibu hamil rentan sekali terkena penyakit, oleh sebab itu ibu hamil penting untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Dengan menjaga sistem imun di dalam tubuh, penyakit akan tidak mudah hadir di dalam tubuh.  Jus buah bit mampu menjaga sistem imun di dalam tubuh, sebab buah bit kaya akan antioksidan dan vitamin C yang begitu tinggi.

  1. Menurunkan Kadar kolesterol

Saat hamil, berat badan bumil atau ibu hamil tidak akan terkontrol. Saat hamil biasanya berat badan akan melonjak tajam, dengan peningkatan berat badan tersebut kadar kolesterol yang ada di dalam darah pun ikut tidak terkontrol. Oleh sebab itu, buah bit dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Jus ini akan terasa khasiatnya jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Pencegahan Kanker

Buah bit juga sangat berkahasiat dalam pencegahan kanker, mengapa begitu?. Karena buah bit kaya akan vitamin C dan bisa berperan sebagai antioksidan buat tubuh. Zat antioksidan sangat bermanfaat dalam pencegahan kanker.

Manfaat Baby Beet Untuk Bayi

  1. Untuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor di dalam buah bit sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, bayi pun akan mudah untuk merangkak kemudian berjalan.

  1. Darah Stabil

Buah bit mampu memperbaiki dan menciptakan hemoglobin di dalam darah, sehingga sel darah merah yang ada di dalam tubuh bayi akan semakin stabil dan bayi juga akan terhindar dari anemia.

  1. Mencegah Radang Pada Bayi

Kandungan mineral yang banyak terkandung dalam buah bit dipercaya sangat bermanfaat untuk menahan dan mencegah peradangan yang biasanya dialami oleh bayi. Peradangan berasal dari virus dan bakteri, bayi memang rentan untuk terkena virus dan bakteri.

  1. Mata Yang Sehat

Buah bit kaya akan betakaroten, kandungan betakaroten ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Mata yang jernih pada bayi akan tetap terjaga dengan mengkonsumsi buah bit ini.

  1. Kecerdasan Otak

Bagi yang menginginkan bayi yang cerdas, rutinlah untuk memberikan jus buah bit kepada bayi Anda, karena asupan buah bit secara rutin akan bermanfaat bagi bayi untuk peningkatan fungsi dari otaknya.

Cara mengolah baby Beet :

 

 1. Oven/ Panggang

 
 
Buah Bit Panggang
 
 
Cara ini cocok bagi Kita yang ingin memakan umbi bit panggang seperti umbi jalar bakar. Dapat digunakan bagi orang yang melakukan diet pagi maupun malam hari. Berikut cara memanggang di dalam oven :
o   Cuci bersih buah bit sampai tak ada tersisa kotoran tanah
o   Potong batangnya dan biarkan buah utuh
o   Bisa dioleskan minyak sayur serta ditaburi garam dan merica sebagai penyedap
o   Bungkus dengan alumunium foil
o   Panggang ke dalam oven dengan setelan 300 derajat celcius dalam 1 jam pemanggangan.
Tanda matang yaitu ditandai dengan tekstur buah yang empuk. Hidangkan selagi hangat dengan atau tanpa kulit.

             2. Jus

 
Jus buah bit 
Ada 2 jenis pengolahan ini, yaitu secara juicer dan blender. Kedua-duanya bisa anda gunakan dalam pengolahan ini. Tetapi Kami menyarankan memakai blender dan disaring manual, karena dengan juicer dikhawatirkan masih ada zat-zat yang tertinggal di ampasnya. Jus buah bit ini cocok bagi Kita yang sangat membutuhkan kandungan zat gizi secara cepat. Misal ibu hamil, ibu menyusui, penderita kanker, dll. Resep pembuatan ini adalah sebagai berikut :
Bahan-bahan,
§  150 gram buah bit yang sudah dicuci bersih
§  100 gram tomat
§  100 gram wortel
§  1 sendok makan madu
§  1 sendok makan perasan jeruk nipis
Blender bit, tomat dan wortel. Setelah hancur dan rata, disaring, campurkan madu dan perasan jeruk nipis pada juice. Jeruk nipis berguna untuk menghilangkan bau tanah buah bit. Hidangkan pagi dan sore.

                3. Kukus

 
Cara ini juga simple dan praktis. Hasil olahan ini bisa langsung dimakan atau bisa ditaburi sedikit garam untuk penambah rasa. Sedikit tips untuk cara di kukus, yaitu jangan dipotong bagian tangkai nya sampai kedasar. Biarkan menjulur supaya cairan buah bit tidak terbuang saat pengukusan. Hidangkan pagi dan sore.

                    4. Puree / Makanan Pendamping ASI ( MPASI )

 
MPASI untuk bayi setelah 6 bulan
Bayi usia diatas 6 bulan sangat penting untuk dikenalkan makanan padat. Pengenalan makanan padat pada bayi umur 6 bulan harusnya dimulai secara bertahap. Takaran kepadatan bisa dibuat dari cair di umur 6 bulan, ke semi cair hingga padat pada usia 12 bulan. Adapun MPASI yang terbuat dari buah bit bisa diberikan pada usia diantara 7-12 bulan setelah pengenalan sayuran. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
Puree Buah Bit
Siapkan bahan-bahannya sebagai berikut :
§  200 ml air kaldu ( ayam/ daging/ ikan )
§  50 gram buah bit yang dipotong dadu
§  1 sendok makan tepung beras ( sesuai tahapan kepadatan )
Rebus air kaldu dan buah bit hingga buah bit menjadi lunak. Tuangkan tepung beras hingga kuah menjadi mengental. Blender hingga halus atau sesuai tekstur tahapan si bayi. Hidangkan hangat.

 

 


Komentar untuk Produk Ini :


Produk Terkait