Asparagus


 

ASPARAGUS

Kriteria :  

  • Merupakan tanaman yang merupakan semak menjalar dengan panjang bisa mencapai 3 meter.
  • Bentuk tanaman asparagus adalah silindris dengan batang yang memanjang membentuk rebung( bambu).
  • Berwarna hijau pada daun dan buah.
  • Bunga majemuk yang tumbuh di ketiak daun.
  • Mahkota berwarna putih kemerahan.
  • Buah tanaman asparagus yang berbentuk kotak membulat. Jika masih muda buahnya berwarna hijau dan jika sudah tua maka berwarna kecoklatan.
  • Biji tanaman asparagus berwarna putih dengan bentuk bulat.
  • Akar tanaman asparagus adalah serabut, dengan dengan warna akar putih kotor.

Kegunaan untuk obat : Melancarkan saluran urin dan Meningkatkan Kinerja Ginjal

Manfaat ASPARAGUS :

1. Menjaga Aliran Darah Tetap Normal

Tahukah anda jika asparagus dapat membantu kerja jantung dan meregulasi aliran darah? Ya, kandungan di dalam asparagus bermanfaat untuk menjaga detak jantung dan aliran darah kita agar tetap normal. Menurut Laura Flores seorang ahli nutrisi San Diego, asparagus adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin K yang dapat membantu peredaran darah.

2. Menurunkan Resiko penyakit jantung

Menurut hasil penelitian dari Universitas Harvard, asparagus sebagai sayuran yang memiliki manfaat vitamin B yang akan membantu mengurangi resiko terhadap penyakit jantung. Vitamin B berfungsi untuk mengatur kadar asam amino homocysteine di dalam darah. Jika kadar asam amino homocysteine ini terlalu tinggi, maka bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Jika terlalu rendah, asam amino tersebut juga tidak baik efeknya bagi kesehatan.

Selain itu, di dalam manfaat asparagus juga terkandung serat larut yang juga bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Serta, asparagus juga mengandung asam amino asparagin yang dapat membantu tubuh mengeluarkan kelebihan garam.

3. Mengatur Kadar Gula Darah

Bagi yang memiliki kadar gula darah yang cenderung tinggi, sebaiknya secara teratur mengkonsumsi asparagus. Hal ini karena di dalam asparagus mengandung vitamin B6 yang dapat membantu menstabilkan gula darah di dalam tubuh.

Tetapi bagi yang memiliki kadar gula darah rendah atau menderita penyakit diabetes, sebaiknya berhati-hati jika ingin mengkonsumsi asparagus ini.

4. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Resiko penyakit diabetes tipe 2 meningkat seiring munculnya inflamasi dan stress oksidatif yang berlebihan di dalam tubuh. Namun, dengan adanya manfaat asparagus dengan anti inflamasi serta manfaat antioksidan yang tinggi, jika dikonsumsi akan membantu mencegah penyakit diabetes tipe 2 ini.

Bahkan, sebuah jurnal yang dipublish dalam British Journal of Nutrition menyebutkan jika sayuran asparagus memiliki kemampuan untuk membantu pengeluaran insulin sehingga membantu kinerja sel beta di dalam tubuh yang selanjutnya bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2.

5. Mencegah penuaan dini

Asam folat merupakan salah satu dari sekian nutrisi yang terkandung di dalam asparagus. Fungsi asam folat bisa sebagai penghambat proses penuaan pada tubuh. Contohnya, asam folat yang dikandung di dalam asparagus dapat membantu melambatkan proses penurunan fungsi kognitif. Selain itu, asam folat di dalam asparagus juga terbukti dapat tetap menjaga keadaan responsif, pada kondisi mental pada orang yang sudah tua.

6. Membantu Menyehatkan Kulit

Antioksidan glutathione menjadi kandungan penting lainnya di dalam sayuran bernama asparagus ini. Fungsi antioksidan ini adalah untuk menghambat proses penuaan yang terjadi pada kulit seperti munculnya noda dan kerutan pada kulit. Antioksidan gluthathion juga bisa membantu mencegah kerusakan pada kulit akibat sinar matahari atau polusi di lingkungan.


Komentar untuk Produk Ini :


Produk Terkait